Tuesday, April 15, 2014

TUGAS Administrasi dan Supervisi Pendidikan

TUGAS
Administrasi dan Supervisi Pendidikan

DOSEN PEMBIMBING
Parman Hadi, S.Pd M. Pd

TUGAS
PENGERTIAN SUPERVISI MENURUT PARA AHLI

Disusun oleh
Riyadi

NPM :
11862060971

SEMESTER V
KELAS B

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARMASIN
2013  


PENGERTIAN SUPERVISI MENURUT PARA AHLI


1.                 Menurut Adams dan Frank G Dickey        
          Supervisi adalah Program yang berencana untuk memperbaiki pelajaran. Program ini dapat berhasil apabila Supervisor memiliki ketrampilan dan cara kerja yang efisien dalam kerja sama dengan guru dan petugas pendidikan lainya .
2.                 Menurut Boardman, Douhglass dan Bent (1961)
          Supervisi   Pendidikan adalah usaha mendorong, mengkoordinasikan dan membimbing perkembangan guru baik secara perseorangan maupun kelompok agar mereka mendapatkan pengertian yang lebih baik dan secara efektif melaksanakan semua fungsi mengajar sehingga mereka lebih dimungkinkan mendorong dan membimbing . perkembangan  supervisi menekankan pada istilah pengajaran dewasa ini masih berlangsung
3.                 Menurut Kimball Wiles
          Memandang supervisor dalam kaitanya dengan hubungan antar manusia, yang bekerja dengan semua orang dalam lingkungan . “Mereka (para supervisor) adalah ekseditur atau orang yang mempercepat. Mereka membantu dalam usaha menegakkan komunikasi. Mereka membantu supaya orang mendengar satu sama lain. Mereka menyediakan diri agar terdapat hubungan baik antara orang yang satu dengan yang lain dalam masalah-masalah yang sama atau dengan orang sumber yang dapat membantu orang yang bermasalah itu. Mereka merangsang anggota-anggota staf untuk melihat sejauh mana ide-ide atau sumber-sumber tersebut dimanfaatkan bersama, dan sampai taraf mana seseorang didorong dan disokong ketika mereka mencoba hal-hal yang baru. Mereka membuat sesuatu lebih mudah dalam mengadakan persetujuan yang muncul dari sidang/pembahasan evaluasi.
kembali pendidikian buat umum, lebih spesifik lagi memformulasikan kurikulumnya, system pengajaranya dan bentuk-bentuk pendidikan untuk umum tersebut.
Supervision is a service particularly concernedsith instruction and its improvement. It is directly concerned with teaching and learning and with the faktors included in and related to these proceas-teschers, pupils curriculum, material of instruction, sociophysical environment of the situation.
4.                 Menurut Hadari Nawawi
         Supervisi adalah pelayanan  para guru yang disediakan oleh pimpinan untuk membantu para guru agar cakap sesuai dengan pengetahuan pada umumnya ilmu pendidikan pada khususnya sehingga mampu meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar disekolah.
5.                 Ame Tembun
        Mengemukakan  bahwa   supervisi pendidikan merupakan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan pada umumnya dan kualitas pendidikan mengajar guru-guru dan kualitas belajar peserta didik pada khususnya.
6.                 Menurut Thomas H. Briggs dan Josep Justman
          merumuskan supervisi sebagai usaha yang sistematis dan terus menerus dan mendorong mengarahkan pertumbuhan diri guru yang berkembang secara lebih efektif dalam membantu tercapainya tujuan pendidikan dengan murid- murid tanggung jawabnya.
7.                 Menurut H. Bulton dan Lee J. Bruckher
         adalah suatu teknik pelayanan  yang tujuan utamanya mempelajari dan memperbaiki secara bersama-sama.
8.       Menurut Dictionary Of Education Good Carter
                        Superpisi adalah usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru maupun petugas-petugas lain untuk memperbaiki pengajaran termasuk menstimulasi, menyeleksi jabatan dan perkembangan guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan pendidikan bahan pengajar, metode dan evaluasi pengajaran yang demokratis. 


Menurut saya Suvervisi dalam Pendidikan  Menurut Adams dan Frank G Dickey karena bisa memperbaiki  sebuah pembelajaran yang dilakukan dalam kelas saat proses belajar mengajar dan juga Supervisor harus bisa memiliki sebuah ketrampilan yang bisa dia buat saat proses belajar di dalam kelas maupun diluar kelas dan juga cara kerja tersebut harus efisien dalam bekerja sama dengan seorang guru dan petugas pendidikan lainya di sebuah sekolahan . jadi disini Supervisor harus kreatif dan juga inovatif supaya sebuah pembelajaran itu berhasil di dalam kelas.



No comments: