Saturday, September 22, 2012

TUGAS pembelajaran Tematik



TUGAS PEMBELAJARAN TEMATIK

MATA KULIAH
PEMBELAJARAN TERPADU
DOSEN PEMBIMBING
Mukhiar S.pd M.pd

uvayaLOGOputih.JPG

Disusun Oleh
Kelompok II
Nove hidayat                Nurul Hidayah
Riyadi                             Sanah
Novea Rusmini             Safa Wardah
Monalisa                        Umie rosidah
Rahmidawati Shaleha


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARMASIN
2012

TEMA  KEGEMARAN
ALOKASI WAKTU : 2 MINGGU
I. STANDAR KOMPETENSI
            I. PKN
                1. Memahami penting nya tata tertib dirumah dan disekolah.
            ii. BAHASA INDONESIA
Membaca
1.      Memahami bagaimana membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
iii. MATEMATIKA
1.      Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
iv . IPA
1.      Mengenal berbagai benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
ii. KOMPETENSI DASAR
1.      PKN                                               : -Menjelaskan pentingnya tata tertib
  Dan disekolah
2.      BAHASA INDONESIA                   :  -Membaca nyaring suku kata dan
   Kata dengan lafal yang tepat
-membaca nyaring kalimat                                             sederhana  dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.      MATEMATIKA                              :  -Mengenal panjang suatu benda
 melalui kalimat sehari-hari(pendek
panjang) dan membandingkan nya
-Menyelesaikan masalah yang       
  berkaitan dengan waktu dan                                                                                          panjang
4.  IPA                                                 :  -Mengenal cara menjaga lingkungan
  Agar tetap sehat
-Mengidentifikasi benda yang ada di
                                                                                  Lingkungan sekitar berdasarkan cirinya

III. INDIKATOR
1. PKN                                                  : - Melaksanakan tata tertib di rumah
- Menjelaskan pentingnya tata tertib dirumah
- Melaksanakan tata tertib di sekolah
- Menjelaskan penting nya tata tertib
  di sekolah
2. BAHASA INDONESIA                       : - Membaca suku kata dengan tepat
- Membaca nyaring suku kata dengan lafal
   Yang tepat
- Membaca dengan kata yang tepat
- Membaca nyaring kata dengan lafal yang
­­­­   Tepat
- Membaca kalimat dengan tepat
- Membaca nyaring kalimat dengan lafal yang
   tepat
3. MATEMATIKA                               : - Menyebutkan panjang/pendek suatu benda
  Melalui kalimat sehari-hari
- Menunjukkan panjang/pendek suatu benda
- Membandingkan panjang benda-benda di se
  kitar
- Mengukur panjang benda dengan satuan tak
  baku
- Menjelaskan waktu melalui kegiatan sehari-
   hari yang sebentar atau lama
- Memberi contoh kegiatan yang lama atau
   Sebentar
- Menyebutkan nama-nama hari
- Menyebutkan nama-nama bulan
- Membaca tanda waktu  yang ditunjukkan
  oleh jarum jam dinding
4. IPA                                                        : - Menjelaskan keadaan lingkungan yang sehat
- Membuang sampah atau meludah pada tem
Pat nya
- Menceritakan perlunya merawat lingkungan
- Melakukan perawatan lingkungan sekitar
- Menunjukkan ciri-ciri benda
- Mengelompokkan benda-benda menurut
   Jenisnya
- Menyebutkan sifat-sifat benda

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKN                                                : - Siswa dapat melaksanakan tata tertib di
  Rumah
- Siswa dapat menjelaskan penting nya tata
  Tertib dirumah
- Siswa dapat melaksanakan tata tertib di
  Sekolah
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya tata
  Tertib di sekolah
2. BAHASA INDONESIA                    : - Siswa dapat membaca suku kata dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring suku kata deng
  an lafal yang tepat
- Siswa dapat membaca kata dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring kata dengan la
  fal yang tepat
- Siswa dapat membaca kalimat dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring kalimat dengan
  Lafal yang tepat
3. MATEMATIKA                               : - Siswa dapat menyebutkan panjang/pendek
  Suatu benda melalui kalimat sehari-hari
- Siswa dapat menunjukkan panjang/pendek
  Suatu benda
- siswa dapat membandingkan panjang benda-
  benda di sekitar
- Siswa dapat mengukur panjang benda dengan
  Satuan tak baku
- Siswa dapat menjelaskan waktu melalui kegia
  tan sehari-hari yang sebentar atau lama
- Siswa dapat memberi contoh kegiatan yang
  Lama atau sebentar
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari
- Siswa dapat dapat menyebutkan nama-nama
  bulan
- Siswa dapat membaca tanda waktu yang
  ditunjukkan oleh jarum jam dinding
4. IPA                                                 : - Siswa dapat menjelaskan keadaan lingkungan
  Yang sehat
- Siswa dapat membuang sampah/meludah
  pada tempatnya
- Siswa dapat menceritakan perlunya merawat
  Lingkungan
- Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri benda
- Siswa dapat mengelompokkan benda-benda
  menurut jenisnya
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda

V. MATERI POKOK
1. PKN
·        Pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
·        Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
3. MATEMATIKA
·        Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari(pendek panjang) dan membandingkan nya
·        Masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

4. IPA
·        Cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
·        Ciri-ciri benda
·        Sifat-sifat benda


VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. demonstrasi
3. Permainan
4. Tanya jawab
5. Tugas


VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
                           
A. KEGIATAN AWAL
·        Doa bersama
·        Absensi siswa
·        Apersepsi : Menyanyikan lagu “nama-nama hari”

B. KEGIATAN INTI
Minggu I
Pertemuan pertama : 2 x 35 menit (PKN,BAHASA INDONESIA)

PKN
·      Menceritakan hidup rukun di rumah
·      Mengerjakan kegiatan dirumah tepat waktu
·      Menyebutkan tata tertib dirumah
BAHASA INDONESIA
·      Membaca suku kata dengan tepat
·      Membaca nyaring suku kata dengan lafal yang tepat
·      Membaca kata dengan tepat

Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (MATEMATIKA,IPA)

MATEMATIKA
·      Menyebutkan panjang/pendek suatu benda melalui kalimat sehari-hari
·      Menunjukkan panjang/pendek suatu benda
·      Membandingkan panjang benda-benda di sekitar


IPA
·      Membandingkan lingkungan yang bersih dan kotor
·      Menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan di sekolah
·      Menyebutkan cara menjaga lingkungan agar tetap sehat


Minggu II
Pertemuan pertama : 2 x 35 menit (PKN,BAHASA INDONESIA)

PKN
·      Menyebutkan tata tertib di sekolah
·      Melaksanakan tata tertib di sekolah
·      Mengetahui sanksi/hukuman apabila melanggar tata tertib
BAHASA INDONESIA
·      Membaca nyaring kata dengan lafal yang tepat
·      Membaca kalimat dengan tepat
·      Membca nyaring kalimat dengan lafal yang tepat

Pertemuan ke dua : 2 x 35 menit (MATEMATIKA,IPA)

MATEMATIKA
·      Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku
·      Mengenalkan konsep lama atau sebentar dalam kegiatan sehari-hari
·      Menyebutkan contoh kegiatan lama/sebentar
·      Menyebutkan nama-nama hari atau bulan
·      Membaca waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam dinding
IPA
·      Menjelaskan alasan perlunya merawat lingkungan
·      Menyebutkan ciri-ciri benda padat,cair,gas
·      Menujukkan benda-benda menurut jenisnya
·      Menceritakan sifat-sifat benda

C. KEGIATAN AKHIR
·        Siswa melaksanakan tugas portofolio
·        Pelajaran ditutup dengan lagu “aku anak sehat”




VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
     Sumber belajar :
1.      Buku tematik (terdiri dari PKN,B. Indonesia,Matematika,IPA)
2.      Pengembangan guru
     Alat peraga :
1.      Kartu bilangan
2.      Kartu huruf
3.      Kartu kata
4.      Gambar-gambar yang relevan

IX. PENILAIAN
1.      Lisan
2.      Tertulis
3.      Perbuatan
4.      Portofolio 

No comments: