TUGAS PEMBELAJARAN TEMATIK
MATA KULIAH
PEMBELAJARAN TERPADU
DOSEN PEMBIMBING
Mukhiar S.pd M.pd
Disusun Oleh
Kelompok II
Nove hidayat Nurul Hidayah
Riyadi Sanah
Novea
Rusmini Safa Wardah
Monalisa Umie
rosidah
Rahmidawati
Shaleha
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARMASIN
2012
TEMA KEGEMARAN
ALOKASI WAKTU : 2 MINGGU
I. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
1. Memahami penting nya tata tertib dirumah
dan disekolah.
ii.
BAHASA INDONESIA
Membaca
1.
Memahami
bagaimana membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
iii.
MATEMATIKA
1.
Mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
iv . IPA
1.
Mengenal berbagai
benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
ii. KOMPETENSI DASAR
1.
PKN : -Menjelaskan pentingnya tata tertib
Dan disekolah
2.
BAHASA INDONESIA : -Membaca nyaring suku kata dan
Kata
dengan lafal yang tepat
-membaca nyaring kalimat
sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat
3.
MATEMATIKA : -Mengenal panjang suatu benda
melalui kalimat sehari-hari(pendek
panjang)
dan membandingkan nya
-Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan waktu dan
panjang
4. IPA : -Mengenal cara menjaga lingkungan
Agar tetap
sehat
-Mengidentifikasi benda yang ada di
Lingkungan sekitar berdasarkan cirinya
III. INDIKATOR
1. PKN :
- Melaksanakan tata tertib di rumah
- Menjelaskan pentingnya
tata tertib dirumah
- Melaksanakan tata
tertib di sekolah
- Menjelaskan penting
nya tata tertib
di sekolah
2. BAHASA INDONESIA : - Membaca suku kata
dengan tepat
- Membaca nyaring suku
kata dengan lafal
Yang tepat
- Membaca dengan kata
yang tepat
- Membaca nyaring kata
dengan lafal yang
Tepat
- Membaca kalimat dengan
tepat
- Membaca nyaring
kalimat dengan lafal yang
tepat
3. MATEMATIKA :
- Menyebutkan panjang/pendek suatu benda
Melalui
kalimat sehari-hari
- Menunjukkan panjang/pendek suatu benda
- Membandingkan panjang benda-benda di se
kitar
- Mengukur panjang benda dengan satuan tak
baku
- Menjelaskan waktu melalui kegiatan sehari-
hari yang
sebentar atau lama
- Memberi contoh kegiatan yang lama atau
Sebentar
- Menyebutkan nama-nama hari
- Menyebutkan nama-nama bulan
- Membaca tanda waktu
yang ditunjukkan
oleh jarum jam
dinding
4. IPA :
- Menjelaskan keadaan lingkungan yang sehat
- Membuang sampah atau meludah pada tem
Pat nya
- Menceritakan perlunya merawat lingkungan
- Melakukan perawatan lingkungan sekitar
- Menunjukkan ciri-ciri benda
- Mengelompokkan benda-benda menurut
Jenisnya
- Menyebutkan sifat-sifat benda
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. PKN :
- Siswa dapat melaksanakan tata tertib di
Rumah
- Siswa dapat menjelaskan penting nya tata
Tertib dirumah
- Siswa dapat melaksanakan tata tertib di
Sekolah
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya tata
Tertib di
sekolah
2. BAHASA INDONESIA :
- Siswa dapat membaca suku kata dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring suku kata deng
an lafal yang
tepat
- Siswa dapat membaca kata dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring kata dengan la
fal yang tepat
- Siswa dapat membaca kalimat dengan tepat
- Siswa dapat membaca nyaring kalimat dengan
Lafal yang
tepat
3. MATEMATIKA :
- Siswa dapat menyebutkan panjang/pendek
Suatu benda
melalui kalimat sehari-hari
- Siswa dapat menunjukkan panjang/pendek
Suatu benda
- siswa dapat membandingkan panjang benda-
benda di
sekitar
- Siswa dapat mengukur panjang benda dengan
Satuan tak
baku
- Siswa dapat menjelaskan waktu melalui kegia
tan
sehari-hari yang sebentar atau lama
- Siswa dapat memberi contoh kegiatan yang
Lama atau
sebentar
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari
- Siswa dapat dapat menyebutkan nama-nama
bulan
- Siswa dapat membaca tanda waktu yang
ditunjukkan
oleh jarum jam dinding
4. IPA :
- Siswa dapat menjelaskan keadaan lingkungan
Yang sehat
- Siswa dapat membuang sampah/meludah
pada tempatnya
- Siswa dapat menceritakan perlunya merawat
Lingkungan
- Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri benda
- Siswa dapat mengelompokkan benda-benda
menurut
jenisnya
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
V. MATERI
POKOK
1. PKN
·
Pentingnya tata
tertib di rumah dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
·
Membaca nyaring
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3. MATEMATIKA
·
Mengenal panjang
suatu benda melalui kalimat sehari-hari(pendek panjang) dan membandingkan nya
·
Masalah yang
berkaitan dengan waktu dan panjang
4. IPA
·
Cara menjaga
lingkungan agar tetap sehat
·
Ciri-ciri benda
·
Sifat-sifat benda
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2.
demonstrasi
3. Permainan
4. Tanya
jawab
5. Tugas
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
·
Doa bersama
·
Absensi siswa
·
Apersepsi :
Menyanyikan lagu “nama-nama hari”
B. KEGIATAN
INTI
Minggu I
Pertemuan
pertama : 2 x 35 menit (PKN,BAHASA INDONESIA)
PKN
· Menceritakan hidup rukun di rumah
· Mengerjakan kegiatan dirumah tepat waktu
· Menyebutkan tata tertib dirumah
BAHASA
INDONESIA
· Membaca suku kata dengan tepat
· Membaca nyaring suku kata dengan lafal yang tepat
· Membaca kata dengan tepat
Pertemuan ke
dua 2 x 35 menit (MATEMATIKA,IPA)
MATEMATIKA
· Menyebutkan panjang/pendek suatu benda melalui kalimat
sehari-hari
· Menunjukkan panjang/pendek suatu benda
· Membandingkan panjang benda-benda di sekitar
IPA
· Membandingkan lingkungan yang bersih dan kotor
· Menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan di sekolah
· Menyebutkan cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
Minggu II
Pertemuan
pertama : 2 x 35 menit (PKN,BAHASA INDONESIA)
PKN
· Menyebutkan tata tertib di sekolah
· Melaksanakan tata tertib di sekolah
· Mengetahui sanksi/hukuman apabila melanggar tata
tertib
BAHASA
INDONESIA
· Membaca nyaring kata dengan lafal yang tepat
· Membaca kalimat dengan tepat
· Membca nyaring kalimat dengan lafal yang tepat
Pertemuan ke
dua : 2 x 35 menit (MATEMATIKA,IPA)
MATEMATIKA
· Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku
· Mengenalkan konsep lama atau sebentar dalam kegiatan
sehari-hari
· Menyebutkan contoh kegiatan lama/sebentar
· Menyebutkan nama-nama hari atau bulan
· Membaca waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam dinding
IPA
· Menjelaskan alasan perlunya merawat lingkungan
· Menyebutkan ciri-ciri benda padat,cair,gas
· Menujukkan benda-benda menurut jenisnya
· Menceritakan sifat-sifat benda
C. KEGIATAN AKHIR
·
Siswa
melaksanakan tugas portofolio
·
Pelajaran ditutup
dengan lagu “aku anak sehat”
VIII. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Sumber
belajar :
1.
Buku tematik
(terdiri dari PKN,B. Indonesia,Matematika,IPA)
2.
Pengembangan guru
Alat peraga
:
1.
Kartu bilangan
2.
Kartu huruf
3.
Kartu kata
4.
Gambar-gambar
yang relevan
IX.
PENILAIAN
1.
Lisan
2.
Tertulis
3.
Perbuatan
4.
Portofolio
No comments:
Post a Comment