Thursday, December 13, 2012

contoh silabus tematik kelas 1 semester 1


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Keluarga  


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman


·     pengalaman

·     Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman

·     Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·     Menceritakan tentang teman  main di rumah.
·     Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                         perawatannya

·     Membiasakan hidup sehat.


·     sehat sehat.


·     Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh

·     Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·     Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·     Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
·     teratur agar tubuh sehat dan kuat.
·     Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )


Lisan




3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


·     perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

·     Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·     Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·     Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.


·     Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·     Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·     Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.


Portofolio


4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

·     Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·     Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)


·     penjumlahan dan pengurangan

·     Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·     Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·     Siswa dapat mengenal konsep waktu.


·     Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·     Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·     Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Kalimat perintah
·     Kalimat sapaan
·     Deskripsi benda-benda di sekitar.
·     Membaca nyaring.
·     Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.


·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·     Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·     Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·     Siswa dapat mendeskripsikan benda.
·     Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·     Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·     Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.


·     Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun
·     Bercerita berdasarkan gambar.
·     Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·     Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni musik.



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



·     Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.



·     Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya


·     Menentukan sumber bunyi.
·     Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·     Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan



Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
§   

§  


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP/NIK :

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



( ……………………………… )
NIP/NIK :

No comments: