SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH
DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA:
Keluarga
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga
serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menceritaan pengalaman
|
· pengalaman
|
· Siswa dapat menceritakan
pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman
|
· Menyebutkan nama guru
TK dan nama beberapa teman sekelas.
· Menceritakan tentang
teman main di rumah.
· Menceritakan peristiwa
masa kecil yang paling berkesan
|
Lisan
Tertulis
|
3 minggu
|
Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
|
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara
perawatannya
|
· Membiasakan hidup
sehat.
|
· sehat sehat.
|
· Siswa dapat menjelaskan
cara dan keuntungan
merawat kebersihan tubuh
|
· Menjelaskan keuntungan
mencuci tangan sebelum makan.
· Menjelaskan
keuntungan memotong kuku yang panjang
.
· Menjelaskan keuntungan
melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
· teratur agar tubuh
sehat dan kuat.
· Memberikan contoh
kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah
raga beristirahat dan tidur )
|
Lisan
|
|
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
· Menjelaskan perbedaan
jenis
kelamin, agama, dan suku bangsa.
|
· perbedaan jenis kelamin, agama, dan
suku bangsa
|
· Siswa dapat menyebutkan
5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
· Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
· Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
|
·
Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·
Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa
dan adat istiadat /budayanya.
·
Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.
|
Portofolio
|
|
|
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
· Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai
dengan 20.
· Menentukan waktu ( pagi, siang, malam)
hari dan jam ( secara bulat)
|
· penjumlahan dan pengurangan
|
· Siswa dapat memecahkan
permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil
sampai 20.
· Siswa dapat
mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
· Siswa dapat mengenal
konsep waktu.
|
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait
penjumlahan sampai dengan 20.
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan
sampai 20.
·
Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri
sehingga hasilnya 0.
·
Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang
sebentar dan lama.
|
Lisan
Tertulis
|
|
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan :
· Memahami bunyi bahasa,
perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
Menulis :
· Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
· Melaksanakn sesuatu
sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
· Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
· Membaca nyaring suku
kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
· Menjiplak berbagai
bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf.
· Menebalkan berbagai
bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata,
atau kalimat sederhana dari buku atau
papan tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang
belum selesai berdasarkan gambar
|
· Kalimat perintah
· Kalimat sapaan
· Deskripsi benda-benda
di sekitar.
· Membaca nyaring.
· Menjiplak dan
menebalkan huruf, kata dan kalimat.
|
· Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai
dengan permintaan.
· Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab pertanyaan seputar isi
dongeng.
· Siswa dapat menyapa teman, guru, orang
tua dengan bahasa sederhana yang santun.
· Siswa dapat menceritakan gambar seri atau
tunggal.
· Siswa dapat mendeskripsikan benda.
· Siswa dapat membaca huruf, kata dan
kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
· Siswa dapat menjiplak, menebalkan,
menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
· Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
kata yang tepat.
|
·
Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya
sendiri.
·
Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·
Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang
yang lebih tua dengan bahasa cara yang
santun
·
Bercerita berdasarkan gambar.
·
Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang
tepat.
·
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata-kta dan kalimat sederhana.
·
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
·
Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang
benar
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan
tulis atau buku dengan benar.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis
yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan
gambar.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni musik.
|
· Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
· Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman
musik.
|
· Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi,
jenis bunyi, dan memperagakannya
|
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
· Menjelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
§
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery )
|
§
|
|
§
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……
( …………………………… )
NIP/NIK :
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( ……………………………… )
NIP/NIK :
|
No comments:
Post a Comment