MATA KULIAH
Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial
di
Sekolah Dasar
DOSEN
PEMBIMBING
Maulida
Nur Oktavianti,S.Pd
TUGAS
MEMBUAT
RPP DAN SIMULASI
Disusun
oleh :
Riyadi
NPM
:
11862060971
SEMESTER
IV
KELAS
B
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ACHMAD YANI BANJARMASIN
BANJARMASIN
2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SDN 1 Gambut
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester
: IV/II
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi
dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
B. Kompetensi Dasar
2.1
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerah nya
C. Indikator
·
Menyebutkan sumber daya alam yang
berpotensi di daerahnya
·
Mengelompokkan sumber daya alam di
daerahnya
·
Menjelaskan manfaat sumber daya alam
yang ada di daerah
D. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam
yang berpotensi di daerahnya
·
Siswa dapat mengelompokkan sumber daya
alam yang ada di daerahnya
·
Siswa mampu menjelaskan manfaat sumber
daya alam yang ada di daerahnya.
E. Materi Pembelajaran
·
Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
Aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Sumber daya alam
Indonesia merupakan
negeri yang makmur dan kaya. Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha esa.
Sumber daya alam yang terkandung di Indonesia amatlah beragam. Sumber daya
alam adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi. Bentuknya dapat berupa
benda mati maupun makhluk hidup. Sumber daya alam disediakan oleh alam.
Ada yang langsung memanfaatkan sumber daya alam.Namun,ada pula yang masih
harus diolah agar dapat dimanfaatkan. Berdasarkan keberadaan dan
kelestariannya sumber daya alam dibedakan menjadi dua. Di antaranya sumber
daya alam yang dapat diperbarui dan sumber dalam alam yang tidak
diperbaharui.
F. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pembelajaran kooperatif
2. Model :
STAD
3. Metode :
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Kerja Kelompok
-
Penugasan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
2x35
menit
A. Kegiatan
awal
1.
Berdoa, mengisi daftar kelas,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga
2.
Memperingatkan cara duduk yang baik
ketika menulis, membaca
3.
Mengumpulkan tugas / PR
4.
Mempersiapkan psikis dan fisik
5.
Mengajukan pertanyaan (appersepsi)
6.
Menjelaskan tujuan atau kompetensi dasar
7.
Menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan
B. Kegiatan
Inti
1)
Guru menyampaikan materi yang ingin
dicapai yaitu :
a)
Guru menjelaskan materi tentang aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah nya
kepada siswa
b)
Guru menjelaskan materi tentang sumber
daya alam yang ada di daerahnya
2)
Peserta didik dibagi dalam kelompok,
setiap peserta didik dalam kelompok
3)
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
4)
Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan/mengetahui
jawabannya
5)
Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama
diskusi kelompoknya
6)
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain dan seterusnya
7)
Kesimpulan
C. Kegiatan
Akhir
1.
Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa
2.
Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan
pelajaran
3.
Guru melakukan evaluasi
4.
Guru menginformasikan tentang materi
yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya
5.
Guru membimbing siswa untuk berdoa
bersama
6.
Guru menutup pelajaran dan mengucapkan
salam kemudian keluar kelas
H.
Media/alat Pembelajaran dan Sumber Belajar
1. Sumber
Pembelajaran
-
New Teaching Resource. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar
Kelas IV. Jakarta: Erlangga. Hal
2. Alat
dan Bahan
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Karton
-
Polpen
-
Gambar Sumber Daya Alam
-
Lem
3. Media
Pembelajaran
-
LKK
I.
Penilaian
- Tes tertulis
1.
Pilihan Ganda
2.
Isian
- Tes lisan
1.
Keberanian menjawab
2.
Ketepatan menjawab
3.
Keseriusan dan konsentrasi dalam
menyimak
- Tes Perbuatan
- Bentuk Tes
1.
Objektif tes
2.
Non objektif tes
- instrument tes
1.
LKS
2.
Lembaran Observasi
..........., ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. Riyadi
NIP
: NIP
: 11862060971
Soal individu :
1. Siswa
disuruh Menunjukkan masing masing sumber daya alam yang ada di daerah nya?
Soal kelompok :
1.
Apa pengertian sumber daya alam
2.
Sebutkan sumber daya alam yang ada di
daerah kalian
No comments:
Post a Comment